5 Game MOBA Analog Anti Mainstream Ini Wajib Dicoba!

Semakin banyak pengguna smartphone, semakin berkembang pula game untuk platform Android. Saat ini, game MOBA analog atau Multiplayer Online Battle Arena Analog sudah sangat populer dan merajai platform IOS dan Android dalam beberapa tahun terakhir.

Apalagi sejak kemunculan game MOBA Mobile Legends, popularitas game MOBA semakin berkembang pesat. Selain itu ada juga beberapa game MOBA populer seperti AOV, Vain Glory hingga War Song. Nah, selain game-game MOBA populer di atas, masih banyak lagi game MOBA berbasis analog yang bisa menjadi pilihan untuk dimainkan. Yuk, simak!

1. BarBarQ

Game besutan Electric Soul ini terbilang unik dan berbeda dari game MOBA analog lainnya. BarBarQ dikembangkan menggunakan format permainan 3 vs 3 vs 3, sedangkan biasanya game MOBA menggunakan sistem permainan 5 vs 5.

READ  Inilah Rekomendasi Game Tekken Android Terbaik Saat ini

Pada game BarBarQ ini pemain akan bermain sebagai tim. Bersama dengan dua rekan lainnya pemain akan ditantang untuk melawan 6 orang lainnya. Game BarBarQ ini juga tidak memiliki tower seperti game moba kebanyakan. Permainan hanya akan berlangsung selama 6 menit dan pemenang ditentukan berdasarkan jumlah poin terbanyak.

2. Flame X Blaze

Kesuksesan game MOBA analog seperti mobile legends cukup menggoda developer game Square Enix untuk mencoba mengembangkan game analog Flame X Blaze. Game ini memiliki format permainan 3 vs 3 dengan desain karakter imut khas chibi.

Cara bermain Flame X Blaze sedikit unik. Pemain bisa memilih untuk langsung menyerang base musuh atau membunuh monster-monster. Saat pemain berhasil membunuh monster, pemain dapat memanggil monster dengan ukuran super besar untuk membantu menghancurkan markas lawan. Wah, sepertinya menarik ya!

3. Ace of Arenas

Game MOBA satu ini memiliki format permainan 3 vs 3. Dengan grafis yang indah serta efek yang memukau game ini mampu menarik perhatian gamers untuk memainkannya. Game besutan Gaea Mobile Limited ini juga bisa dimainkan secara offline, lho.

READ  Inilah Daftar Game Kapal Perang PC Yang Paling Seru

Ace of Arenas jika dilihat sekilas akan memiliki kemiripan dengan game populer DOTA 2, namun sistem permainnya jelas berbeda. Karena game ini bisa dimainkan secara offline, pemain akan tetap bisa bermain melawan bot dan mengasah skill bermain ketika sedang tidak memiliki kuota internet.

4. Onmyoji: Battle! Heian-Kyo

Pernah mendengar tentang game Onmyoji berbasis RPG? Jika pernah, mungkin keberadaan game yang satu ini akan membuat senang. NetEase selaku Developer game ini menghadirkan secara special karakter-karakter dari dunia Onmyoji ke dalam sistem MOBA.

Secara umum, game ini memiliki sistem gameplay yang tidak beda jauh dengan game moba yang menggunakan analog lainnya. Perbedaannya terletak pada luas peta pertempuran yang lebih besar serta level maksimal tiap karakter. Sayangnya, game ini belum tersedia dalam versi Bahasa inggris, sehingga akan sulit untuk memainkannya.

READ  Rekomendasi 7 Game Steam Murah Terbaik

5. Light X Shadow

Light X Shadow adalah game kolaborasi elemen antara anime dan MOBA. Developer game ini mengembangkan game karena terinspirasi dari serial komik populer asal Negeri Tirai Bambu. Keunikan game Light X Shadow ini sangat mencolok diantara game MOBA analog lainnya.

Salah satu keunikan game ini terletak pada fitur switch character yang bisa dilakukan setiap 3 menit sekali. Pemain bisa mengganti karakter dengan karakter lain yang belum digunakan rekan timnya. Serunya, setelah mengganti karakter pemain tidak akan kehilangan level serta item yang telah didapatkan sebelumnya. Asyik, kan?

Itulah beberapa game MOBA analog anti mainstream yang wajib untuk dicoba. Memang, daftar game di atas masih terdengar asing untuk kebanyakan orang. Namun, game-game tersebut sangat unik dan punya pesona tersendiri. Pokoknya antimainstream, deh!

You May Also Like

About the Author: Juniafi